asubabiceleng-0

Link sedang diproses oleh sistem. Mohon tunggu sebentar...

Cara Meningkatkan Rank Page Di Google Terbaru 2022

ST

 

Cara Meningkatkan Rank Page Di Google Terbaru 2022

Daftar Isi

Para webmaster pasti menginkan peringkat di posisi teratas guna mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan penjualan. Hal ini merupakan keinginan setiap pemilik bisnis digital untuk menghasilkan profit yang besar.


Namun kita harus sedikit kecewa karena mugkin tidak ada cara yang dapat kita ikuti secara pasti untuk mengalahkan algoritma dari Google yang bertujuan untuk menentukan peringkat dengan posisi yang kita inginkan. Tetapi kalian juga jangan berkecil hati, karena ada beberapa panduan dan teknik khusus yang dapat kita terapkan untuk mendapatkan peringkat teratas pada Google tersebut.


Dilansir dari Internet Life Stats, jumlah situs web yang aktif saat ini berkisar kurang lebih 2 miliyar situs. Artinya itu tidak mudah untuk bisa mendapatkan posisi tertinggi dikarenakan mengingat banyaknya situs pesaing dengan niche yang sama. 


Informasi ini saya dapatkan dri beberapa sumber dan saya ambil point pentingnya saja yang menurut saya sangat membantu dan berdampak pada SERP. Simak baik-baik pejelasan ini satu persatu dan praktikan dengan benar guna meningkatkan peringkat situs kalian di SERP.


Bagaimana Cara Meningkatkan Peringkat Situs Web di Google?


Menurut sebuah study yang dilukan oleh Brian Deep. Biasanya algoritma dari Google akan menganalisa sekitar 200 faktor untuk menentukan peringkat situs web. Dikarenakan fakta ini pula, banyak orang berpikir bagiamana caranya supaya situs web mendapatkan peringkat tertinggi sedangkan belum bisa mencakup semua faktor tersebut.


Itulah sebabnya saya telah mengumpulkan informasi yang cukup lengkap mengenai teknik yang dapat mencakup faktor-faktor tersebut. Dan semoga saja ini akan membantu kalian dalam mendapatkan posisi teratas atau meningkatkan peringkat situs Web kalian di mesin pencari.


Mari kita mulai pembahasannya satu persatu dan harap simak baik-baik. Pelajari dengan cermat dan praktikan.


Harus Fokus pada SEO ON-Page

Pertama-tama, kalian wajib fokus pada optimasi halaman situs web kalian. Atau yang lebih terkenal dengan SEO ON-Page, SEO ON-Page sendiri adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google.


Artinya adalah SEO on-page sangatlah penting bagi mesin pencari karena akan membantu memahami situs web kalian dan kontennya, serta menilai apakah situs web kalian sudah relevan dengan kata kunci atau kueri pencarian. Hal penting yang harus kalian ingat bahwa saat mesin pencari berubah menjadi lebih canggih, ada fokus tersendiri yang jauh lebih besar terhadap kelayakan dan linguitas di halaman hasil mesin pencari (SERP).


Banyak orang salah dalam memahami hal ini pada saat akan memasukkan kata kunci. Ini biasa terlihat pada seorang blogger/ penulis artikel yang terus menambahkan kata kunci di seluruh konten mereka.


Memang Google mencari kata kunci untuk menentukan peringkat halaman di SERP. Tetapi dengan menambahkan banyak kata kunci juga kurang tepat dalam hal penjejalan kata kunci (Keyword Stuffing). Hal ini dikarenakan mesin pencarai google sekarang laebih canggih. Google tahu apa yang akan mereka suguhkan ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari dengan kueri pencarian tertentu. Dengan kata lain menambahakan banyak kata kunci di seluruh artikel malah akan dianggap kurang relevan den teknik ini pula telah usang.


Terlepas dari hal di atas, faktor lain yang harus kalian ingat tentang SEO adalah dalam hal pembuatan URL. Kalian jangan membuat URL yang mengandung makna tambahan.


Dalam pedoman yang diposting oleh Google tentang URL, telah disebutkan bahwa URL halaman web kalian harus sederhana dan pendek. kalian bisa mendapatkan ide tentang  hal ini dari gambar berikut yang diambil dari Pusat Pencarian Google.


fokus Seo On-Page


Gunakan LSI Keyword

Bagi yang belum paham dengan tekhnik ini,bayangkan kamu menggunakan kata kunci 'Laptop Baru Murah' pada konten situsmu. Namun, orang lain mengetikkan kata kunci 'Laptop terjangkau' di search engine .


Apakah mereka akan menemukan kontenmu? Belum tentu.


Kedua frasa tersebut memiliki arti yang serupa. Akan tetapi, Google belum menyarankan situsmu kepada mereka jika kamu terus-menerus menggunakan kata kunci 'laptop baru murah'.


Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggunakan kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI) . Apa itu kata kunci LSI ?


Menurut Backlinko , kata kunci LSI adalah istilah yang secara konsep serupa dengan kata kunci yang kamu pakai. Ini digunakan mesin pencari untuk memahami isi suatu situs web secara mendalam.


Kata kunci LSI sendiri bisa berupa sinonim dari sebuah kata kunci tersebut. Namun, tidak semua sinonim merupakan kata kunci LSI , seperti dituturkan oleh Wordstream .


Kata kunci LSI adalah kata-kata yang sangat relevan dengan suatu kata kunci.


Sebagai contoh, kamu menggunakan kata kunci 'rumah' . Maka, kata kunci LSI yang bisa kamu gunakan tidak hanya 'hunian'.


Kata kunci LSI alternatif lainnya adalah 'apartement', 'tempat tinggal', 'penginapan', dll.


Lalu, mengapa Kalian perlu menggunakan kata kunci LSI yang semakin beribet ini ?


Pasalnya, seperti dilansir dari Neil Patel , bahwa Google sekarang menggunakan sistem algoritma Hummingbird. Dalam sistem tersebut, kata kunci bukan satu-satunya penentu peringkat sebuah situs web.


Memang, kata kunci sangat memegang peranan penting bagi SEO. Namun, Google juga mendeteksi sejauh mana kontenmu relevan dengan apa yang pengguna cari.


Jadi, dengan menambahkan kata kunci LSI , Google dapat memahami bahwa kontenmu memiliki konteks yang sesuai dan relevan dengan kata kunci yang kamu gunakan.

contoh LSI Keyword


Jangan Pernah Mengabaikan Pada Kualitas Konten

Terlepas dari faktor yang saya sebutkan di atas, Konten yang berkualitas sebenarnya adalah hal yang tidak bisa dikompromi. Maksudnya, konten kalian adalah satu-satunya cara untuk mendorong pengunjung supaya tetap terhubung dengan Web kalian. Tanpa konten yang berkualitas, kalian tidak akan dapat melakukan semua faktor yang sudah saya sebutkan di atas dikarenakan pembaca akan bosan dan tidak akan pernah kembali mengunjungi situs Web kalian.


Apalagi kalau konten kalian adalah hasil duplikat dari orang lain di internet. Alih-alih akan bermanfaat justru tindakan ini akan sangat berbahaaya dan merugikan bagi kalian sendiri.


Pertanyaannya adalah bagaimana saya mengetahui bahwa konten plagiat itu berbahaya? Menurut John Muller (pengacara pencarian di Google), konten kalian harus 100% unik untuk peringkat yang lebih baik di SERP.


Baca Juga : Cara COPAS Artikel Orang Tanpa Terkena Hak Cipta DCMA


Berikan Jawaban Secara Langsung Dari Sebuah Pertanyaan Dan Pernyataan

Menurut penelitian, manusia hanya memiliki 8 detik untuk mendapatkan perhatian terhadap apa pun. Pertanyaannya adalah bagaimana menarik perhatian ke situs web kalian dalam waktu sesingkat itu.


Jawaban paling sederhananya adalah dengan menambahkan jawaban langsung ke blog kalian. Google menyukai situs web yang menargetkan jawaban langsung untuk penggunanya.


Kalian pasti pernah melihat saat mencari kueri situs web teratas adalah yang menunjukkan jawaban langsung dalam 3-4 baris. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk bertahan di situs web kalian.


kalian dapat melakukan ini dengan membuat daftar isi (ToC), ini jika kalian menulis suatu daftar atau memberikan sttistik dalam jawaban kalian. Tetapi itu semua tergantung pada topik yang kalian bahas, dan kalian harus memberikan jawaban langsung atas pertanyaan di awal artikel untuk peringkat yang lebih baik.


berikan jawaban langsung pada pertanyaan


Bangun Tautan Balik (Backlink)

Jika kalian ingin mendapatkan peringkat dari situs web kalian di hasil pencarian yang lebih tinggi, penting juga untuk membangun backlink. Pasalnya, Google mengambil backlink sebagai rekomendasi dan menempatkan kalian di posisi teratas.


Bukan berarti kalian harus membuat ratusan backlink sembarangan. Tetapi kalian juga harus menjaga kualitas dari  backlink tersebut, karena tautan dari situs web yang mempunyai kualitas rendah lebih berbahaya bagi peringkat situs web kalian.


Lakukan Audit Reguler

Beberapa pemilik web membuat kesalahan saat memperbarui situs web. Seorang webmaster berpikir bahwa dia hanya perlu mempublikasikan konten, membuat backlink, dan duduk di kursi.


Hal ini tidak semudah dari kelihatannya. kalian harus menjaga situs web kalian dan terus memperbaruinya. Jika kalian tidak melakukan audit terhadap situs web kalian, itu tidak akan pernah berdiri di posisi teratas untuk waktu yang lama.


Misalnya, kalian harus terus memperbarui blog kalian dengan menambahkan pembaruan ke konten kalian dari waktu ke waktu. Juga, kalian harus menganalisis tautan balik yang telah kalian buat dan menghapus semua tautan berbahaya.


Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa tautan yang rusak akan menjadi yang terburuk untuk lalu lintas situs web kalian. Jadi, kalian harus melakukan audit situs web kalian secara teratur dan menghapus semua tautan yang rusak.

broken link seo


Penutup

Ini adalah beberapa tips yang harus kalian ingat saat ingin meningkatkan peringkat situs web kalian. Akan ada manfaat bagi kalian jika kalian menyimak dengan cermat semua faktor di atas dan beberapa faktor lainnya saat menganalisis situs web kalian.


Pada saatnya, kalian akan mendapatkan peringkat teratas di SERP dan mendapatkan traffic yang original.


Tools Seo Terbaru

⬇⬇Get Your Link⬇⬇