asubabiceleng-0

Link sedang diproses oleh sistem. Mohon tunggu sebentar...

Siapa Sebenarnya Penemu Kipas Angin? Cari Tahu Yuk

ST

 Kenalan Yuk Sama Penemu Kipas Angin Listrik.

siapa penemu kipas angin?

Kipas angin memang sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Tetapi kipas pada zaman itu masih kipas konvensional, melainkan masih dioperasikan dengan tenaga manusia. Mirip kipasnya tukang sate. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah kipas angin listrik.

Tapi tahukah kalian berapa usia kipas angin listrik saat ini?

{tocify} $title { Daftar Isi }

Penemu Kipas Angin Listrik

Kipas angin memang tidak akan pernah lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Apalagi Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, hampir semua rumah pasti memiliki alat satu ini. Gunanya bukan lain untuk mendinginkan tubuh saat musim panas tiba.

Kipas angin menjadi salah satu alat untuk mendinginkan tubuh dikala cuaca panas, apalagi yang tinggal di daerah ibukota. Kipas angin biasanya 24 jam akan bekerja nonstop. Hehehe... 

Maka dari itu kita patut bersyukur dengan adanya alat ini, khususnya kepada penemunya yakni Skaats Wheeler.

Skaats Wheeler menemukan kipas angin listrik pada tahun 1882. Itu artinya kipas angin yang berada di rumah kita sudah berusia 140 tahun. Waw!

Kala itu, kipas angin listrik yang diciptakan oleh Skaats Wheeler hanya terdiri dari dua baling-baling, tanpa pelindung dan digerakkan dengan tenaga motor listrik.

Skaats wheeler sang penemu kipas angin litrik

Kipas angin listrik yang ditemukannya kemudian di produksi oleh the Crocker ad Curtis Electric Motor Company.

Wheeler sendiri lahir di New York pada tanggal 17 Mei 1860. Dia pernah belajar di Colombia College serta mendapatkan kehormatan dari dokter sains oleh Hobart College pada 1894. Selain itu, Wheeler juga berhasil menyelesaikan pendidikan sampai ke jenjang Magister di Columbia.

Namun siapa yang menyangka, jika penemu kipas angin ini pernah keluar dari bangku kuliah untuk bekerja sebagai asisten di sebuah perusahaan lampu Listrik Jablochkoff pada 1882.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya di tahun 1890-an, baling-baling dan motor penggerak diberi penutup. Alasannya, lebih aman dan juga melindungi motor penggerak atau mesin kipas dari debu.

Diakhir tahun 1920, baling-baling kipas angin listrik dirubah menjadi baling-baling yang saling tumpang tindih dan terbuat dari aluminium, sehingga suara kipas angin menjadi lebih ramah lingkungan (tidak berisik).

Namun sebelumnya, pada tahun 1887 Philip H. Diehl mematenkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah.

Wheleer memang gemar menciptakan alat-alat yang hemat listrik hingga akhirnya ia berhasil menciptakan kipas angin listrik pada tahun 1882.

Dari temuannya itu, Skaats Wheeler dianugrahi Medali John Scott pada 1904 oleh Institute Franklin.

Kesimpulan

Penemu kipas angin listrik pertama adalah Skaats Wheeer.

Dan Philip H. Diehl adalah orang yang menciptakan kipas angin yang bisa menempel di langit-langit rumah.

Nah sekarang sudah tahukan siapa sebenarnya yang menemukan kipas angin?

Sekarang tinggal saatnya kalian share artikel ini supaya kita semua bisa lebih menghargai karya penemu-penemu jenius yang karya temuannya mempermudah kehidupan kita di masa sekarang.

Terimakasih 

Tools Seo Terbaru

⬇⬇Get Your Link⬇⬇